Minggu, 25 Januari 2009

Mempercepat kerja komputer. bagian ke I Terutama untuk penggguna windows xp

Bagi yang mempunyai komputer dengan kecepatan pas-pasan, tentu akan sangat membosankan bekerja dengan komputer yang lelet. Berikut ini tip-tip untuk mempercepat kerja komputer anda.

Bagaimanapun juga, dengan komputer pas-pasan yang kita miliki, kita harus mengoptimalkan komputer untuk mendapatkan performa yang lebih bagus. Nah berikut ini adalah tip yang bisa dipakai untuk mendapatkan kerja komputer lebih cepat:

1. matikan “system restore”pada komputer. System restore adalah fasilitas pada windows untuk “menormalkan” kembali windows apabila terjadi kerusakan dengan jalan mengembalikan semua settingan window ke kondisi yang tersimpan oleh fasilitas ini. Dari fungsinya tentu saja akan membuat windows bekerja lebih “giat” untuk menyimpan kondisi-kondisi tertentu supaya nantinya bisa digunakan untuk patokan pengembalian settingannya. Caranya, buka control panel, kemudian pilih system. Pada jendela system anda lihat beberapa tab, pilih yang sytem restore. Sekarang anda bisa mematikan system restore dengan cara mengklik chexbok yang bertuliskan turn off system restore on all drive. Selanjutnya silahkan di applay, atau nanti juga boleh.

2. matikan fasilitas automatic update, dengan cara klik tab automatic update ( masih dalam jendela sytem) dan kemudian ikuti instruksi yang ada untuk mematikannnya. Automatic update adalah fasilitas yang berguna untuk mengautomatisasikan proses pembaruan website anda dengan mengonesikan komputer anda dengan servernya microsoft untuk kemudian mendowload dan mengaplikasikan file-file untuk mengupdate.ow....saya fikir fasilitas ini tak terlalu penting. Biarlah otak komputer kita tak terlalu terbebani dengan hal-hal semacam itu...kasihan dong ...

3. apakah anda suka dengan tampilan desain windows? Apalagi xp yang grafisnya penuh dengan animasi- animasi keren, apabila anda ingin mendapatkan performa yang lebih dari komputer anda, maka buang jauh-jauh kesukaan anda akan grafis tersebut, karna grafis yang gemerlap juga membuat komputer bekerja lebih keras hanya untuk menjalankan animasi-animasi grafisnya. Nah sekarang saatnya untuk meninggalkan kerlap-kerlip operating system anda, masih di jendela sytem,klik tab advanced, pilih performance lalu klik setting,pada tab visual effects, klik tombol adjust for best performance. Jangan keburu di ok dulu, masih pada jendela tersebut, klik tab,advanced, kemudian klik tombol change pada frame virtual memory. Nah, disitu akan tampil partisi hardisk komputer kita, apabila di partisi menjadi tiga, silahkan matikan paging file dari drive C dan D dengan mengklik terlebih dahulu pada list kemudian klik radiobutton “no paging file” kemudian klik set. Kemudian untuk E yang berkapasitas paling kecil kita buat sebagai tempat paging file kita. Klik pada list (bagian drive E) kemudian klik pada “system managed size”, kemudian klik set. Setelah itu klik ok-oke terus sampai ada pesan untuk di restart. Dan sebaiknya jangan di restart dahulu karna ada sedikit perubahan registry yang akan kita lakukan.

Windosws akan menggunakan kapasitas dari hardisk untuk mendukung memory fisik, jadi dengan membuat drive sendiri untuk tempat virtual memory, pasti akan lebih mempercepat kirnerjanya.

4. ketika anda mengklik start menu akan terasa ada semacam delay ketika kita berpindah antar menunya. Nah akan sangat menjengkelkan bukan untuk menunggu sub menu muncul. Kita lakukan sedikit modifikasi pada jendela registrinya. Klik run kemudian ketik regedit. Klik oke. Akan muncul jendela registry. Klik HKEY_CURRENT_USER > Control Panel > Desktop> kemudian cari MenuShowDelay dan ubah propertinya menjadi 0. tutup jendela registry anda kemudian restart.

Nah, semoga tip-tip diatas dapat di gunakan untuk mendapatkan kerja komputer yang lebih optimal tanpa harus melakukan overcloking yang berbahaya. Memang harus ada yang di korbankan dari komputer kita, yaitu tampilannya, tapi rasakan bedanya...............

Masih ada tip-tip mengoptimalkan kerja komputer yang lainya pada artikel berikutnya, silahkan tunggu................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aries Bontang © 2008 Template by:
SkinCorner