Rabu, 22 April 2009

Tips Merawat Komputer

Ada banyak faktor sebenarnya yang menyebabkan komputer semakin melambat dan berikut ini sedikit tips untuk merawat komputer :1. Komputer kita secara subjektif sudah kita klaim lambat, karena telah kita bandingkan dengan komputer teman-teman kita yang lain yang relatif lebih baru dan/atau memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

2. Banyak file sampah di harddisk. Coba cek size “C:\Documents and Settings”. Terkejutkah anda melihat ukuran folder tersebut. Biasanya orang yang jarang melakukan tune-up terhadap komputernya akan tercengang-cengang melihat size direktori tersebut. Apa aja sih isinya kok sampai sebegitu besar? Untuk itu sering-seringlah melakukan pembersihan.
Caranya: Kalau manual lebih ribet, karena harus masuk ke direktori masing-masing user, unhide folder, hapus isi file temporary internet ataupun tempnya windows. Tapi kalau mau otomatis, gunakan software seperti system mechanic, Tweak XP, dll.


3. Jangan biarkan resource memori ‘diperkosa’ oleh service ataupun startup yang tidak perlu.
- Coba masuk ke Run > ketik ‘msconfig’
- Pada Tab Services, ceklist ‘Hide All Microsoft Services’. Perhatikan: terdaftar service - service yang tersedia selain punya Microsoft. Perhatikan dengan saksama, segera ‘uncheck’ jika merasa suatu service tertentu tidak kita butuhkan.
- Pada Tab Startup, perhatikan: terdaftar aplikasi-aplikasi yang akan dijalankan ketika komputer startup. Efisienkan segera. Jangan biarkan aplikasi-aplikasi yang tidak kita butuhkan pada saat startup dalam keadaan ter-checklist, karena program tersebut akan ‘memperkosa’ resource memory.
- Tekan tombol OK, dan silakan restart.

4. Install antivirus, dan sering-sering melakukan update. Antivirus tanpa diupdate sama dengan obat antibiotik yang sudah expire, yang tidak mampu melawan virus. Usahakan jangan ada virus yang menerobos sistem.

5. Defrag harddisk anda jika diperlukan. Terlalu sering melakukan defrag juga tidak terlalu berguna. Perlu tidaknya suatu Harddisk di defrag dapat dilihat dari tombol analize ketika akan mendefrag harddisk.

6. Backup Registry. Hal ini tidak akan mempercepat komputer anda, tapi akan sangat berguna apabila ada kerusakan registry akibat corrupt, virus, dsb.

7. Kenali perilaku komputer anda. Sering lihat Task Manager ketika komputer melambat. Perhatikan aplikasi mana yang memakan resource RAM atau CPU yang paling banyak. Segera analisis jika terjadi keanehan, misalnya ada file exe yang memakan resource RAM sangat besar padahal kita tidak sedang mengeksekusi apa-apa dan kita tidak mengenali nama aplikasi itu.

Sumber : asalketik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aries Bontang © 2008 Template by:
SkinCorner